SMK Pansa Kutoarjo Bangun Mushola Baru

oleh
Peletakan batu pertama, menandai pembangunan mushola baru di SMK Pansa Kutoarjo, Senin (24/06/2024) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK Pancasila 1 (Pansa) Kutoarjo yang beralamat di jalan Mayjend S. Parman Kutoarjo, Purworejo, Jateng, memulai pembangunan mushola baru.

Hal itu ditandai dengan peletakan batu pertama, Senin (24/06/2024) pagi oleh Pengawas SMK dari Cabdin Wilayah VIII Jateng H.. Achmad Chamdani, M.Pd., Ketua Yayasan Bina Tani Bagelen Ir. Ari Tiasadi, serta Kyai Achmad Mustawin.

Sebelum dilakukan peletakan batu pertama, diawali dengan doa bersama, pembacaan tahlil, serta pemotongan tumpeng dan Ingkung. Kegiatan ini juga dihadiri jajaran pengurus Yayasan Bina Tani Bagelen, jajaran komite, dua pengawas SMK Cabdin Pendidikan Wilayah VIII Jateng H. Achmad Chamdani, S.Pd., serta H. Bani Mustofa, M.Pd., Lurah Bandung Sudiharto serta tokoh masyarakat setempat.

Drs Sunaryo, Pengawas Yayasan Bina Tani Bagelen menjelaskan, bahwa lokasi dibangunnya mushola tersebut, secara keseluruhan memiliki luas sekitar 1.200 meter. Tanah tersebut dulunya milik ibu Purnamawati. Beliau ini perwira menengah angkatan udara yang bertugas sebagai pengawal pribadi ibu Tien Soeharto.

“Saya dulu yang berembug di perumahan Halim Perdanakusuma Jakarta. Tanah itu kita beli, dengan catatan, tanah yang 100 meter tidak boleh dibayar, tapi dihibahkan untuk dibangun mushola dengan menghadap ke perumahan warga, agar dapat dimakmurkan oleh warga sekitar,” ujar Sunaryo, menceritakan asal usul tanah yang dibangun mushola tersebut.

Mewujudkan janji itu, kata Sunaryo, di hari Senin Pahing (24/06/2024) dilakukan peletakan batu pertama pembangunan mushola tersebut yang berukuran 6×9 meter, ditambah teras. Dari sekolah, akhirnya menambah 50 meter. Sehingga luas tanah untuk mushola dan terasnya, 10×15 meter.