Peringati HLUN, Seratusan Lansia di Kledung Karangdalem Purworejo Unjuk Kreativitas

oleh
Seratusan Lansia antusias memperingati HLUN dengan senam bersama dan unjuk kreativitas di kawasan kantor kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo - foto: Koranjuri.com

“HLUN rutin kita gelar. Tahun-tahun sebelumnya di salah satu Posyandu Lansia RW, tapi kali ini berbeda di kantor kelurahan dengan kemasan acara yang berbeda juga,” sebutnya.

Menurutnya, ada lebih dari 200 orang Lansia di wilayah Kledung Karangdalem. Sebagian besar di antaranya memiliki kesadaran tinggi terkait kesehatan dan keberlanjutan hidup yang dibuktikan dengan aktif mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam Posyandu Lansia tiap bulan.

Sebagian besar juga telah memiliki jaminan kesehatan JKN-KIS.
Kendati demikian, perhatian harus terus diberikan mengingat Lansia rentan disepelekan oleh keluarga dan masyarkatnya.

“Nah, salah satu tujuan peringatan HLUN ini untuk memberikan perhatian kepada para Lansia. Usia Lansia rentan disepelekan karena tidak produktif sehingga perlu kita lindungi,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seluruh Lansia mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun, banyak di antaranya yang berisiko tinggi dan tidak dapat datang langsung ke fasilitas kesehatan untuk melakukan skrining atau pengobatan.

“Kita sudah ada Puskesmas Pembantu yang buka hari Senin sampai Jumat di kantor kelurahan, tapi tetap melakukan jemput bola ke rumah-rumah Lansia risiko tinggi untuk melakukan skrining. Kalau ditemukan indikasi gangguan kesehatan kita arahkan ke Pustu atau rujuk ke Faskes sesuai BPJS-nya karena skrining kan baru pengecekan awal,” ungkap Bidan Tanti.

Digelarnya HLUN dan tingginya antusias para Lansia mendapat apresiasi khusus dari Lurah Kledung Krangdalem. Menurutnya, HLUN menjadi momentum bagi semua elemen masyarakat untuk menunjukkan penghormatan sekaligus keberpihakan terhadap orang tua atau kelompok masyarakat Lansia.

“Kegiatan dengan situasi yang menyenangkan seperti ini memberikan motivasi. Dengan demikian kita juga bisa mewujudkan angka harapan yang ditetapkan pemerintah yakni 74 tahun,” terangnya.